Skip to main content

Komputer


Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan sebagai media Input, Proses, serta media Output yang terdiri dari Hardware, Software, dan Brainware yang berfungsi sebagai pengolah data, pengolah angka, media hiburan, dan lain sebagainya untuk kepentingan perusahaan, kepentingan sekolah, serta personal.


A. Hardware (Perangkat Keras) yang terdapat di komputer

1. CPU (Central Proccessing Unit)

CPU singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.Yang terdiri dari unit kendali (Control Unit/CU) serta aritmatika dan logika (Arithmetic logic unit/ALU)

2. Monitor
Monitor merupakan alat yang termasuk dalam softcopy yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak berupa sinyal elektronik. Ukuran monitor sama seperti ukuran televisi.

3. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf , angka , atau symbol tetrtentu ke prengkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Ada berbagai jenis tata letak pada tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling popular dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY yang meniru sistem tata letak huruf pada mesin ketik.

Keyboard QWERTY memiliki 4 bagian, yaitu :
a. typewriter,
b. numeric key,
c. function key, dan
d. special function key.

4. Mouse

Mouse adalah alat penunjuk ( Pointed Device ) yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar. Jika mouse digeser di bidang dasar , kursor layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Mouse juga digunakan untuk memilih ikon-ikon dalam menjalankan perintah-perintah.

5. Printer

Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan , gambar ataupun grafik di dalam media kertas.

Printer memiliki 6 jenis, yaitu :
a. Dot Matrix-Printer,
b. Ink-Jet Printer,
c. Laser Jet Printer,
d. Plotter,
e. Printer Digital, dan
f. Printer MMT.

6. Speaker

Speaker merupakan media output untuk menampilkan hasil pengolahan yang berupa suara. Output suara tersebut banyak dijumpai pada program-program audio , permainan atau aplikasi-aplikasi musik.

B. Software (Perangkat Lunak) yang terdapat di komputer.

1. BIOS

BIOS adalah Basic Input Output System yang berfungsi untuk mengkonfigurasikan hardware-hardware yang terintergrasi (Belum terpasang).

2. Operating System (OS) / Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah software atau perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan serta mengoperasikan hardware atau perangkat keras.

3. Sistem Aplikasi

Sistem Aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu system operasi misalnya Microsoft Office , Multimedia , Desain Grafis , DLL.

4. Software Programming (Tools)

Software Programming adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya untuk memperbaiki program komputer , Contohnya : Tune Up.

C. Tingkatan-tingkatan Brainware

1. Operator

Operator adalah orang yang hanya dapat menggunakan komputer untuk kebutuhan personal maupun perusahaan.

2. Programmer

Programmer adalah orang yang dapat menggunakan komputer serta membuat program untuk kepentingan personal maupun perusahaan.

3. Sistem Analis

Sistem Analis adalah orang yang dapat menggunakan komputer , membuat program , serta dapat menganalisis permasalahan yang ada di program tersebut.

Demikianlah artikel tentang Komputer, semoga dapat memberikan manfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Subnet Mask

Subnet Mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

Arsitektur Komputer

         Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memory cache , RAM, ROM, Cakram keras, dll).  

Booting ( Menghidupkan Komputer )

         Booting dalam bahasa Indonesia dapat diartikan menghidupkan computer. Booting terbagi menjadi dua cara, yaitu cold boot dan warm boot. Kedua booting tersebut sebenarnya sama. Hanya saja, keduanya dibedakan pada kapan waktu kita harus melakukan cara cold boot dan kapan waktu melakukan dengan cara warm boot.